Jika bertanya makanan apa yang wajib dicoba saat berkunjung ke Maluku, jawabannya ialah papeda ikan kuah kuning.

Hidangan ini begitu khas, hingga seringkali digunakan untuk menyambut tamu wisatawan oleh para travel agent di Ambon, Provinsi Maluku.

“Wajib harus coba, biasanya kita kasih disantap pertama sesampainya di Ambon,” ujar Olnes, salah satu pemandu wisata pada KompasTravel, Sabtu (11/17/2017).

Nikmatnya rempah bercampur kesegaran ikan kuah kuning ini cukup mudah ditemui. Bagi Anda yang akan berkunjung ke Maluku, terutama Pulau Ambon, berikut KompasTravel rangkum tempat-tempat yang menyediakan papeda ikan kuah kuning.

Menikmati hidangan seafood khas Maluku di atas kapal, resto Dua Ikan, Ambon

Menikmati hidangan seafood khas Maluku di atas kapal, resto Dua Ikan, Ambon

1. Resto dua ikan

Resto yang berada di Jalan Wolter Monginsidi No.1, Lateri, Baguala, Kota Ambon, Maluku ini cukup unik. Anda bisa makan seperti di kapal yang bersandar.

Resto ini di desain seperti dermaga, dengan beberapa meja ada di atas kapal yang sedang bersandar. Juga Posisi Anda makan bisa langsung menghadap ke Teluk Ambon

2. Resto Wai Lela

Resto yang satu ini juga tepat berada di pinggir Teluk Ambon yakni di Jalan Ir M Putuhena, Rumah Tiga, Kota Jawa, Ambon.

Pemandangan siang hingga sore di resto ini amat menyejukkan. Di pinggir teluknya, suasana ditata seperti di pinggir pantai. Sehingga wisatawan bisa bersantai di payung-payung sambil menikmati lezatnya papeda ikan kuah kuning.

3. Pumah Makan Paradise

Berada di Jalan Said Perintah No.15, Kel Wainitu, Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku. Di sini ada berbagai kudapan tradisional Maluku. Suasana yang dihadirkan pun cukup tradisional, dekorasi khas Maluku.

Pemandangan Teluk Ambon dari Resto Wai Lela, di Jalan IR M. Putuhena, Ambon.

Pemandangan Teluk Ambon dari Resto Wai Lela, di Jalan IR M. Putuhena, Ambon.

4. Rumah Makan Sari Rasa Ambon

Ini dia salah satu rumah makan di Kota Ambon yang hampir selalu penuh oleh pengunjung. Pengunjungnya tak hanya wisatawan, tapi juga warga yang berkantor di Kota Ambon.

Sari Rasa berlokasi di Jalan Anthony Rebok, Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku.

5. Rumah Makan JK Saparua

Saat Anda berkunjung ke Pulau Saparua, pun Anda masih bisa mencicipi hidangan khas Maluku tersebut. Salah satu yang tersohor menyediakannya, ialah resto JK yang ada di Jalan Tiouw, Pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.

Di berbagai tempat tersebut, harga papeda kuah kuning sangat bervariasi. Untuk resto yang spesialis seafood seperti Dua Ikan, Wailela, Paradise, dan Sari Rasa, dijual Rp 15.000 – Rp 25.000 per satu ons.

Mari menjaga alam kita bersama, Tuhan Memberikan alam untuk dikuasai bukan untuk exploitasi, berpijak hanya pada yang layak kami injak. Mengambil hanya yang layak untuk diambil.