Panduan Pendaki Pemula ini adalah informasi yang ditujukan untuk kawan-kawan yang masih belum mengetahui persiapan-persiapan untuk mendaki, bukan bermaksud mengajari atau menggurui namun untuk sekedar sharing dan berbagi.

Dalam beberapa tahun terakhir semakin banyak pendaki pemula yang bermunculan. Hal ini tidak lepas dari peran dunia hiburan yang mengangkat tema tentang alam dan gunung juga peran dari generasi milenial itu sendiri. Generasi milenial yakni generasi yang lahir antara tahun 90-2000’an dimana teknologi sangat berpengaruh disetiap kehidupan. Namun sayangnya masih banyak yang belum paham persiapan bagi pendaki pemula, baik itu persiapan perlengkapan, persiapan fisik dan persiapan perjalanan. Berikut kami akan menyampaikan panduan pendaki bagi pemula.

Persiapan perlengkapan

Persiapan perlengakapan terbagi menjadi dua, yakni perlengkapan kelompok dan perlengkapan pribadi.

Adapun perlengakapan kelompok ialah:

  1. Tenda
    Tenda merupakan perlengkapan kelompok yang sangat vital digunakan tidak hanya untuk tidur tapi untuk berteduh saat panas juga berlindung saat hujan.
    Untuk jenis tenda ada berbagai jenis: tenda dome, tenda pramuka, atau menggunakan flysheet dan jika sudah menguasai survival biasanya membuat Bivak.
  2. Perbekalan makanan
    Perbekalan perjalanan juga hal yang penting, usahakan untuk tidak membawa makanan yang cepat saji seperti mie instan, hal ini dikarenakan dampak kesehatan yang kurang baik juga kurangnya nutrisi dalam mie instan tersebut. Ada baiknya makanan yang dibawa sudah dimasak sebelum berangkat dan pilih makanan yang tidak cepat basi dalam perjalanan.
  3. Peralatan masak
    Peralatan masak yang dibawa saat perjalanan antara lain kompor lapangan, gas kalengan (hi-cook), cooking set atau nesting, pisau, sendok garpu dan piring plastic (agar ringan).
  4. Survival kit
    Senter, headlamp, pisau, tali , botol air, dan alat navigasi atau kompas.
  5. Obat-obatan
    Obat-obatan jadi hal wajib berikutnya, selain kotak P3K yang haurs dibawa, persiapkan juga obat tambahan seperti minyak angin, obat alergi, obat diare, obat maag dan obat untuk radang dingin.

Baca juga: Cerita dibalik Perjalanan Gunung Cikuray

Persiapan pribadi

  1. Ransel
    Ransel atau carrier merupakan tempat yang penting untuk membawa perlengkapan selama pendakian. Untuk ukuran ransel yang dibawa usahakan cukup untuk peralatan dan perbekalan yang dibawa, jangan terlalu besar apalagi terlalu kecil.
  1. Pakaian
    Pakaian yang penting untuk dibawa yakni jaket (waterproof lebih baik), jas hujan, kaos, celana panjang dan pendek, kaos kaki, sarung tangan, dan penutup kepala.
  1. Sepatu atau sandal gunung
    Pelindung kaki atau alas kaki tidak boleh disepelekan, selain sebagai pelindung kaki, pemilihan sepatu akan sangat berpengaruh di perjalanan untuk melewati trek gunung yang tidak seperti jalan biasa.
  1. Perlengkapan tidur
    Perlengkapan tidur yang penting untuk dibawa yaitu matras dan sleeping bed (kantung tidur).
  2. Obat pribadi
    Apabila pendaki punya riwayat penyakit, usdahakan untuk membawa obat pribadi, dikarenakan tidak pendaki punya riwayat yang sama, juga untuk meminimalisir dampak kesehatan pendaki. Contohnya penderit sesak nafas bawalah tabung oksigen kecil dan inhaler.

Baca juga: Air Terjun Curug Betung Serang

Persiapan fisik

Persiapan fisik jadi hal yang cukup penting untuk melakukan pendakian, hal ini dikarenakan trek pendakian jauh berbeda dari jalan biasa. Dan juga waktu yang diperlukan dalam pendakian memakan waktu yang cukup lama membutuhkan ketahanan fisik yang baik agar tidak terjadi kendala selama perjalanan. Waktu latihan fisik dilakukan bagi yang jarang olah raga minimal satu minggu sebelum perjalanan. Adapun latihan yang dibutuhkan yaitu jogging atau lari kecil, dan olah raga lain untuk menguatkan otot kaki dan otot pundak untuk membawa perlengkapan.

Persiapan perjalanan

Bagi para pendaki pemula ada baiknya untuk memiilh gunung yang tidak terlalu tinggi sekitar 1000-2000 meter. Hal ini dikarenakan kemampuan pendaki pemula yang belum berpengalaman juga trek yang tidak terlalu panjang menjadi alasannya. Hitung biaya yang dibutuhkan, jangan sampai biaya habis sebelum sampai dirumah. Usahakan untuk tidak mendaki sendirian, tapi juga jangan terlalu ramai. Jangan malu untuk bertanya kepada yang sudah berpengalaman, selain menambah wawasan juga membuat pendaki menjadi lebih berhati-hati.

Demikian tadi beberapa panduan pendaki pemula yang cukup penting untuk dipersiapkan sebelum mendaki, semoga bermanfaat untuk sahabat pendaki. Hindari vandalisme, jaga alam dan kelestariannya.