Kisah Anjing Setia Di Dunia

Kisah Anjing Setia Di Dunia

Anjing memang binatang yang memang istimewa dan binatang kesayangan bagi banyak orang, Hewan ini menyimpan banyak cerita wacana kesetiaan. Berikut anjing-anjing jago di dunia.

1. Hachiko


Taukah film berjudul Hachiko : A Dog’s Story yang dibintangi oleh Richard Gere? Nah film ini yaitu cerita konkret wacana seekor anjing jantan jenis Akita Inu, Hatchiko. Julukan yang artinya anjing yang setia.

Hachi menjadi anjing peliharaan Profesor Hidesaburo Ueno yang mengajar ilmu pertanian di Universitas Kekaisaran Tokyo.

Kebiasaan hachi yaitu selalu mengantar kepergian majikannya di pintu rumah atau dari depan pintu gerbang, ketika Profesor Ueno berangkat bekerja. Bahkan, hachi kadang  mengantar majikannya hingga ke Stasiun Shibuya. Malamnya, hachi kembali tiba ke stasiun untuk menjemput Profesor Ueno.

Tanggal 21 Mei 1925, seusai mengikuti rapat di kampus, tanpa diduga, Profesor Ueno mendadak meninggal dunia. Dan menyerupai biasa, hachi terus menunggui majikannya yang tak kunjung pulang, hingga tak mau makan selama 3 hari. Kebiasaan menjemput sang majikan dilakukannya setiap hari hingga 11 tahun, meskipun majikannya tak kunjung datang.

Kisah hachi mengundang perhatian Hirokichi Saito dari Asosiasi Pelestarian Anjing Jepang. Saito menulis cerita duka wacana hachi, yg kemudian dikirimkan ke harian Tokyo Asahi Shimbun, dan dimuat dengan judul Itoshiya rōken monogatari ( Kisah Anjing Tua yang Tercinta ). Cerita wacana kesetiaan hachi menjadi terkenal. Pegawai stasiun, pedagang, dan orang-orang di sekitar Stasiun Shibuya mulai menyayanginya. Sejak itu pula, akhiran kō (sayang ) ditambahkan di belakang nama hachi, alhasil orang memanggilnya dengan nama hachikō.

Sekitar tahun 1933, seorang pematung berjulukan Teru Andō tersentuh dengan cerita hachikō. Ia menciptakan patung perunggu hachiko di depan Stasiun Shibuya. Upacara pelantikan diadakan pada bulan April 1934, dan disaksikan sendiri oleh hachikō bersama sekitar 300 hadirin. Ando juga menciptakan patung hachiko yang sedang tiarap. Selesai pada 10 Mei 1934, patung tersebut dihadiahkannya kepada Kaisar Hirohito dan Permaisuri Kojun.

Sumber: http://remaja.suaramerdeka.com/2012/03/21/kisah-setia-anjing-hachiko/

2. Anjing milik Lao Pan

Lao Pan, seorang lelaki 68 tahun yang tinggal sendiri di Panjiatun, sebuah desa di China. Di rumah kecil itu, Lao Pan hidup hanya dengan seekor anjing.

Sejak Lao Pan meninggal, anjing itu tidak pernah meninggalkan makam tuannya sama sekali.

Anjing itu sama sekali tidak makan selama seminggu sebelum warga desa mulai memperhatikannya kemudian membawakan makanan dan minuman.

Seorang warga desa mengaku berniat mengadopsi anjing itu dan membawanya pulang. Namun belum usang berada di rumah, anjing itu sudah kembali ke kuburan Lao Pan.

Kini warga berencana membangun sebuah sangkar buat anjing yang tidak berjulukan itu. Tentu sangkar itu bakal dibangun di bersahabat makam tuannya.

Sumber : http://m.kompas.com/news/read/2011/11/24/07335753/Anjing.Ini.Tunggui.Makam

3. Preta

Preta, seekor anjing di Portugal, mampu berjalan menempuh jarak 26 kilometer setiap ahad untuk dapat mengikuti misa (kebaktian).

Setiap hari Minggu, Preta, jenis anjing Pooch yaitu jenis anjing yang bertubuh tambun dan pendek serta berhidung pesek, pergi meninggalkan rumah tuannya di sebuah kota di daerah Sobrado, bab utara Portugal, pada jam 5 pagi, harian Correeio da Manha.

Bekas anjing jalanan ini berjalan sendirian menuju ke sebuah gereja di daerah daerah Ermesinde untuk menghadiri misa pada pukul 07:30 dan berada di tempat favoritnya di dalam gereja yakni di samping altar.

Pada ketika jemaat berdiri atau duduk, Preta juga melaksanakan hal yang serupa.

Ketika misa usai biasanya ia kembali pulang berjalan kaki, namun kadangkala ia ikut menumpang pulang naik kendaraan beroda empat orang-orang yang dikenalnya.  Petra ini anjing yang setia beribadah kepada Tuhan.

Sumber : http://arsip.gatra.com/2001-07-10/artikel.php?id=7937

Published with Blogger-droid v2.0.4
Published on Jan 12, 2018 | Under Secangkir Inspirasi | By Kopac Admin
Tagged with › Secangkir Inspirasi
Korp Penggiat Alam Cilegon | Kopac-adventure
%d blogger menyukai ini: