Curug Cikaso atau juga dikenal dengan air terjun berjulukan Curug Luhur, mengalir dari anak sungai Cikaso yang berjulukan Cicurug. Tapi oleh kebanyakan orang, curug ini lebih dikenal dengan nama Air Terjun Cikaso. Curug Cikaso Sukabumi terbentuk dari tiga titik riam yang berdampingan dalam satu lokasi dengan di bab bawahnya terdapat bak dengan warna airnya hijau kebiru-biruan. Kedua titik riam dapat terlihat dengan terang sedangkan yang satu agak tersembunyi dengan tebing yang menghadap ke timur. Masing-masing riam mempunyai nama masing. Yang kiri berjulukan Curug Asepan, tengah berjulukan Curug Meong dan kanan berjulukan Curug Aki. Ketiga curug ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar tebingnya sekitar 100 m.

Berkunjung ke Curug Cikaso sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebab bias sinar matahari yang gres terbit akan tercipta dengan terang dari butir-butir halus cipratan air terjun. Sebaiknya menggunakan jasa pemandu yang tersedia semoga tidak tersesat sebab untuk menuju lokasi curug ini tidak ada petunjuk jalan. Biaya jasa pemandu berkisar Rp 50000 – 70000.

Di tempat ini juga terdapat curug yang lain adalah Curug Calem, Curug Cikatomas dan Curug Cigangsa yang berjarak tempuh ± 30 menit atau sekitar 10 km.

Save