Bukit Cipala terletak di Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon – Banten hampir berdekatan dengan bukit teletubbies. Jaraknya sangat dekat dengan Pelabuhan Merak, untuk menempuhnya hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit dari Pelabuhan Merak dengan menggunakan sepeda motor atau mobil. Akses yg digunakan memang akses yg dipakai warga sekitar karena diatas bukit tersebut terdapat sebuah kampung menjadikan kita dengan mudah untuk mencapai ke ketinggian bukit tersebut dapat menggunakan sepeda motor.

Walaupun tempat tersebut dekat dengan perumahan warga namun lokasi tempat berfoto tersebut belum dikelola warga sekitar atau pemerintahan. Belum ada tempat parkir, warung, toilet umum dan tidak ada biaya tiket masuk. Cocok untuk yang mau berburu foto dengan anggaran yang seminimal mungkin. Akan tetapi dengan tidak adanya fasilitas tersebut menjadikan pengunjung tidak merasa nyaman, contohnya tidak adanya tempat parkir membuat pengunjung tidak tenang memarkir kendaraannya, karena tempat memarkiran kendaraan dengan spot foto Bukit Cipala terhalang semak-semak, hal tersebut yg membuat pengunjung merasa takut terjadi hal tidak diinginkan. Selain itu belum ada pagar pembatas di bibir bukit, mengakibatkan rawan sekali pengunjung terperosok, memang belum ada korban jiwa selama ini.

Hal tersebut memang sangat disayangkan masyarakat dan pemerintah belum mau mengelola tempat seindah Bukit Cipala, padahal dari atas bukit itu kita bisa melihat pemandangan yang begitu indah kampung-kampung di Kecamatan Pulomerak dengan dikelilingi gunung sisi kanan & kirinya, bahkan pelabuhan Merak beserta kapal-kapal yang sedang menepi terlihat jelas dari atas sana.
Untuk yang mau berkunjung ke Batu Lawang kami menyarankan agar datang sebul pukul 15:00 WIB agar mendapat view bagus karena jika setelah jam tersebut biasanya pemandangan dibawah Bukit Cipala tertutup kabut dan jika cuaca sedang cerah, kita dapat menikmati sunset dengan view Selat Sunda dan Pelabuhan Merak dengan segala kesibukanya, sehingga menampilkan suasana sunset yang sangat indah.

Mari menjaga alam kita bersama, Tuhan Memberikan alam untuk dikuasai bukan untuk exploitasi, berpijak hanya pada yang layak kami injak. Mengambil hanya yang layak untuk diambil.

Konten Inspiratif by: Suhartiman