Air Terjun Curug Betung kurang dikenal masyarakat luar daerah dikarenakan belum adanya pengelolaan yang serius sebagai destinasi wisata, walaupun dari Pemerintah Desa setempat sudah berusaha membuatkan akses jalan yang membantu untuk menuju kesitu.

Curug Betung ini terdiri dari dua curug yaitu : curug kecil dan curug utama. Curug kecil ini hanya mempunyai ketinggian sekitar 1,5 meter. Selain curug kecil ini curug mempesona ini juga memiliki curug utama dengan ketinggian 10 meter yang masih sangat alami tetapi belum diperbolehkan untuk kesana karena medannya yang masih terjal dan berbahaya.

Baca Juga: Tatanan Masyarakat Suku Baduy

Curug Betung ini terletak di daerah Padarincang tepatnya di Kampung Peusar, Desa Kubang Baros, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten. Dari arah Cilegon bisa mengambil arah melewati kawasan wisata Anyer sampai daerah Pantai Batu Saung kemudian berbelok ke kiri. Untuk arah dari Serang rutenya mengambil arah ke Ciomas kemudian menuju daerah Padarincang. Akses curug ini sekitar 4 km dari Jalan Raya Palka yang bisa ditempuh dari arah Cilegon maupun dari arah Serang.

Disarankan untuk menggunakan motor untuk menuju ke curug ini, walaupun sebenarnya bisa menggunakan mobil pribadi ke tempat ini. Mobil pribadi atau motor bisa diparkir di rumah penduduk sekitar. Dikarenakan curug ini masih jarang yang mengetahui, maka disarankan untuk bertanya ke penduduk sekitar apabila tersesat jalan.

Dari rumah penduduk sekitar untuk mencapai curug ini harus berjalan kaki sekitar 1 km melalui sebuah jalan yang masih berupa tanah dan tapak batu seperti jalan yang ada di pedesaan yang terpencil. Jalan ini biasanya dipakai oleh penduduk desa untuk membawa hewan ternaknya seperti sapi atau kambing untuk mendapatkan makan atau untuk membajak sawah di sekitar desanya. Pada saat musim hujan, jalan ini menjadi lebih licin karena banyak lumut yang tumbuh di bebatuan. Kemudian jalan ini sedikit lebih menantang, jalannya mulai menurun, menyempit, dan terdapat sedikit rintangan. Kemudian melalui suatu jalan kecil yang sudah disemen yang sepertinya dibuat oleh penduduk desa sekitarnya. Selanjutnya melalui beberapa anak tangga untuk sampai ke tujuan.

Save

Save

Save

Save