Pantai sawarna

Setidaknya ada 7 tempat yang harus anda kunjungi ketika berwisata di pantai sawarna. Beberapa tahun belakangan ini sangat populer di kalangan para pecinta wisata alam terutama orang-orang yang menyukai wisata pantai dan laut menjadi seperti oase ditengah gurun pasir, pengobat haus akan dahaga wisata alam yang asri. Rehat sejenak dari kegiatan mendaki gunung, kami mengarahkan tujuan kali ini ke sawarna beach. Desa Sawarna tepatnya mulai dikenal pada tahun 2010 sebelumnya Panti Sawarna banyak dikunjungi oleh turis-turis asing yang ingin melakukan surfing atau besar berselancar di pantai tersebut.
Panti Sawarna merupakan rangkaian dari beberapa pantai yang terdapat di desa wisata Sawarna, tidak hanya pantai di desa wisata sawarna pun terdapat beberapa tempat selain pantai yang sayang apabila di lewatkan, contohnya goa. Di Sawarna terdapat 3 (tiga) Goa yang sangat indah tentunya sangat disayangkan apabila kita melewatkan untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut.
Berikut kami mecoba merangkum tempat-tempat asik yang harus anda kunjungi ketika anda melakukan wisata ke desa sawarna. Setidaknya ada 7 (tujuh) tempat wisata yang wajib dikunjungi apabila anda berkunjung ke Desa Sawarna, dari 7 (tujuh) tempat wisata tersebut terdiri dari lima pantai dan dua Goa.  Berikut 7 tempat wisata yang wajib Anda kunjungi kunjungi Ketika anda berada di desa Sawarna.

1. Pantai Goa langir dan Goa Seribu Candi.

Goa Langir Pantai SawarnaPantai Goa langir ini merupakan gabungan dari pantai dan goa, pantainya masih sangat bersih dan sedikit tersembunyi letaknya persis berada di bawah tanjakan cariang. Tanjakan Cariang tanjakan yang mana? hehehe.. Tanjakan cariang adalah tanjakan yang paling curam, yang terletak persis berada sebelum kita memasauki desa sawarna. Kenapa disebut tanjakan carian? nanti kita bahas lagi. Jika anda mau memasuki ke Pantai Goa langir ini Anda membutuhkan uang Rp5.000 untuk membeli tiket masuk. Sebelum sampai ke pantai Goa langir, anda akan menemukan Goa Seribu Candi, Goa tersebut di namakan Goa Seribu candi karena di dalam Goa tersebut terdapat banyak stalagnit dan stalagtit yang sekilas bentuknya menyerupai seperti candi.

 

Goa Seribu Candi Pantai SawarnaNaaah… setelah melewati goa seribu candi selanjutnya akan menemukan Pantai Goa Langir, Ada yang tau kenapa Goa tersebut dinamakan Goa Langir? Kurang lebih kenapa goa tersebut dinamakan Goa langir adalah karena konon di Goa Tersebut terbanyak banyak sekali Langir, Langir dalam bahasa setempat berarti Kalajengking.    

Pintu masuknya tepat berada di ujung tanjakan cari yang atau kalau dari arah Sawarna tepat berada sebelum anda melalui tanjakan cariang. di Pantai Goa langir ini juga terdapat Goa seribu candi tepatnya sebelum Anda memasuki wilayah Goa langir.

 

2. Pantai Pasir Putih.

Pasir Putih Pantai Sawarna Tempat wisata yang kedua yang harus anda kunjungi ketika anda di Sawarna adalah Pantai Pasir Putih. dinamakan Pantai Pasir Putih karena pasir yang berada di pantai ini sangat halus berwarna putih, Pantai ini merupakan pantai utama dari beberapa pantai yang terdapat di Desa Sawarna, lokasinya berada di pantai utama tepat sebelum anda menuju ke Pantai Tanjung layar. Dahulu sebelum sawarna terkenal, tidak ada namanya Pantai Pasir Putih, nama pantai pasir putih muncul ketika sawarna sudah dikenal dan kedatangan banyak pengunjung, sebelumnya nama pantai ini adalah Pantai Ciantir. Di pantai pasir putih ini juga anda bisa berenang dengan catatan diawasi oleh Life Guard. Dikarenakan pantai nya memiliki pasir yang putih dan sangat halus pantai ini juga sangat nyaman apabila kita gunakan untuk sekedar duduk-duduk atau chilling menikmati suasana pantai.

3. Pantai Tanjung layar.

tanjung layar Pantai SawarnaPantai tanjung layar boleh dibilang icon dari desa sawarna, dari kejauhan misalnya saja dari Tanjakan Carian anda sudah dapat melihat Tanjung layar ini. Setiap wisatawan yang berkunjung ke desa sawarna tentu tidak ingin melewatkan momen menikmati keindahan pantai tanjung layar ini. Disebut pantai tanjung layar karena di pantai ini terdapat sebuah rangkaian batu karang yang bentuknya menyerupai seperti sebuah layar yang sedang mengembang.

 

4. Pantai legon pari.

Legon pari Pantai SawarnaTempat wisata yang ke empat yang harus anda kunjungi ketika anda berwisata ke pante sawarna adalah Pantai Legon Pari, jika saya berkunjung ke suatu tempat wisata dimanapun itu, saya pertama kali tertarik untuk bertanya asal muasal nama tempat tersebut. Seperti halnya Pantai Legon Pari, menurut cerita warga setempat Pantai Legon Pari jika di urai dari asal kata nya yaitu “Legon” yang berarti teluk “Pari” salah satu varietas ikan laut, pada tau lah yaa ikan pari. Pantai Legon Pari itu dinamakan demikian karen jika dilihat dari tempat yang agak tinggi, pantai legon pari berbentuk Teluk yang Menyerupai Ikan Pari.

Tepatnya berada sebelah selatan dari pantai tanjung layar, untuk dapat mencapai ke Pantai Legon Pari terdapat 2 jalur. Jalur melalui bukit diatas pantai tanjung layar, Yapp.. tepatnya di belakang pantai Tanjung layar terdapat anak tangga yang menuju ke atas bukit. Dari atas bukit tersebut anda teruskan menuju ke pantai sebelah pantai Tanjung Layar, terus susuri pantai tersebut sekitar 2 kilometer maka anda akan menemukan pantai tanjung layar.Jalur yang kedua melalui pemukiman warga, jalur ini dapat di akses menggunakan sepeda motor, sehingga anda tidak perlu lelah untuk berjalan. jalurnya tepat berada di sebelah SD sawarna I.

5. Pantai Karang taraje.

Karang Taraje Pantai SawarnaTidak berada jauh dari Pantai Legon Pari dengan berjalan kaki ke arah timur selanjutnya akan di temukan sebuah tebing karang yang sangat indah, dimana karang tersebut tersapu deburan ombak sehingga menibulkan semburan air di sela lesa nya.

perlu diketahui bahwa di pantai ini sangat berbeda dengan pantai-pantai lainya yang dimana biimpiannya tepi pantai selalu dilengkapi dengan pasir putih, namum lain halnya dengan pantai karang taraje hampir seluruh tepi pantai dipenuhi dengan bebatuan karang, dari yang kecil hingga yang besar bahkan karang dibagian tepi pantainya hampir menyerupai pelataran besar dengan undakan persis mirip tangga karang. itu karenanya pantai tersebut dinamai pantai karang taraje

keunikan lainnya di pantai karang taraje artinya banyaknya barisan karang yang cukup tinggi hampir kaya benteng “ibaratnya” di karang tersebut pengunjung dapat melihat ombak yang pecah dan turun dari karang itu, hingga bentuknya persis mirip air terjun. namun itu terjadi di waktu-waktu tertentu saja dan biimpiannya di pertengahan bulan antara tanggal 17-21an saja. atau anda mampu datang diketika air laut pimpianng (misalnya dipagi hari) selain itu keunikan lainnya artinya ada banyaknya karang-karang membentuk kobangan hingga menyerupai aquarium kecil, seolah menjadi jebakan bagi ikan-ikan kecil di dalamnya yang terebawa ombak.

6. Pantai Seupang.

Seupang Pantai Sawarna

Pantai Seupang dimana lokasi wisata pantai seupang? di sawarna timur lebak banten ? mirip yang tertulis di atas lokasi terletak di desa sawarna timur, kecamatan bayah, kabupaten lebak, banten, indonesia. tetapi bila kamu masih resah di mana lokasi atau letak wisata pantai seupang di sawarna timur lebak banten aku sarankan kamu mencari dengan mengetik wisata pantai seupang di sawarna timur lebak banten di search google maps saja. di google maps sudah tertkamui dimana lokasi yang kamu cari tersebut.
Wisata pantai seupang di sawarna timur lebak banten ialah tempat wisata yang harus kamu kunjungi alasannya adalah pesona kebagusannya tidak ada duanya. penduduk lokal kawasan lebak juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. kota lebak juga terkenal akan wisata pantai seupang di sawarna timur lebak banten yang sangat menarik untuk dikunjungi.

wisata pantai seupang di sawarna timur lebak banten memiliki akses jalan menuju pantai seupang sampai ketika ini belum layak untuk lalui oleh kendaraan bermotor. melihat medan yang sangat berat membuat para wisatawan enggan untuk berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini. semenjak tahun 2012 sampai sekarang, pihak desa sudah berperjuangan maksimal untuk membenahi akses jalan sepanjang 4 km ini.

7. Goa lalay.

Goa Lalay Pantai SawarnaGoa lalay memiliki kedalam lebih dari 1000 meter, tapi anda tidak mampu masuk hingga kedalam tersebut, untuk wisatawan hanya disarankan hingga kedalam 200-400 meter. goa ini termasuk unik, alkeinginannnya ialah hampir semua dkeinginanrnya terendam air setinggi betis orang dewkeinginan.
air ini berkeinginanl dari tetesan-tetesan dari atas goa dan terus menerus hingga membentuk bantuan stalaktit-stalaktit yang bagus di dalam goa. Goa ini diberi nama lalay(nama kekelawar dalam bahkeinginan sunda) alkeinginannnya ialah dulu gua ini merupakan daerah tinggal bagi koloni kelelawar, yang ketika ini sudah sedikit yang mampu di jumpai oleh para pengunjung.

Save